8 Makanan ini Terbukti bikin Ginjal Sehat ! Memperbaiki fungsi Ginjal secara Alami .

makanan sehat untuk ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Jadi, jika sampai mengalami sakit, tentu akan menghambat metabolisme tubuh. Penyebab sakit ginjal tentu beragam. Untuk menjaganya agar tetap sehat, ketahui 8 makanan agar ginjal sehat berikut ini.

8 Makanan Agar Ginjal Sehat

Pasien ginjal membutuhkan asupan makanan yang meringankan kerja ginjal. Selain itu, ginjal juga perlu dibersihkan agar racunnya terbuang. Simak beberapa makanan agar ginjal sehat berikut ini.

Bawang Merah (Allium cepa Linn)

makanan agar ginjal sehat

Bawang Merah atau Allium cepaa linn kaya akan flavonoid, organosulfur, phenolic dan Phytoestrogen yang bermanfaat untuk menyehatkan ginjal. Bawang Merah membantu memperbaiki fungsi ginjal dengan cara :

  • Mencegah kerusakan ginjal
  • Sebagai diuretik untuk meningkatkan aliran urin sehingga membantu mengeluarkan batu ginjal
  • Menghambat pertumbuhan virus dan bakteri dalam ginjal
  • Menurunkan serum kreatinin
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan kadar kolesterol

Bawang merah dapat dikonsumsi langsung dengan campuran masakan, atau dalam kapsul bawang merah untuk membantu menjaga kesehatan ginjal secara alami.

Rosella (Hibiscus sabdariffa)

obat ginjal alami

Rosella terkenal menjadi obat yang berkhasiat. Kandungan aktif berupa Phenolic Acids, Hydroxycitric acid, Hibiscus acid, Anthocyanins terbukti dapat membantu menyehatkan ginjal.

Bunga rosella dapat membantu proses kerja ginjal yang berat dalam mengurangi kreatinin, natrium, kalsium, fosfat dan asam urat di dalam tubuh. Rosella mampu mencegah infeksi bakteri dalam saluran kencing dan tubuh juga. Dengan kandungan zat aktifnya, rosella juga dapat melindungi kerusakan sel pada ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, rosella sering di gunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Untuk membantu menyehatkan ginjal, Anda bisa menikmati rosella dalam menyeduh 3-5 tangkai bunga dalam 1 cangkir air , diminum rutin setiap 2 kali sehari.

Rosella kering bisa di dapatkan disini.

Teh Hijau (Camellia sinensis)

teh hijau ginjal

Teh hijau adalah jawaban dari “minuman apa yang bisa membersihkan ginjal?”. Kandungan aktif Katekin dan Flavonoid membuat teh hijau berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Teh hijau dapat mencegah kerusakan ginjal, menurunkaan kadar gula darah serta mencegah pertumbuhan bakteri maupun virus dalam saluran kencing. Selain itu, teh hijau bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara menghambat reseptor rasa lapar sehingga membuat kenyang lebih lama.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, teh hijau dapat di seduh dalam air panas dan di minum sebelum makan setiap 1-2kali sehari. Jika memiliki penyakit asam lambung, maka sebaiknya makan sedikit cemilan terlebih dahulu untuk mencegah keluhan asam lambung.

Teh hijau bisa di dapatkan disini.

Jahe (Zingiber officinalz)

jahe ginjal

Jahe memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dengan bahan aktif seperti Gingerol, Flavonoid, Zingerone serta Shogaols. Bahan tersebut terbukti dapat mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut dengan cara menjaga aliran dan tekanan darah tubuh sehingga baik untuk penderita hipertensi. Jahe juga memiliki senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dalam saluran kencing.

Jahe juga sering digunakan untuk pengobatan asam lambung maupun keluhan perut. Jahe dapat menyeimbangkan tingkat keasaman tubuh, menurunkan gula darah serta menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Jahe dapat diseduh langsung dalam air hangat atau diminum dalam bentuk kapsul.

Ekstrak Jahe bisa di dapatkan disini

Daun Kelor (Moringa Oleifera)

daun kelor ginjal

Daun kelor merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Zat aktif daun kelor antara lain Chlorogenic Acid, Methanolic & Ethanolic Acid, Isothiocyanate serta Flavonoid.

Daun kelor terbukti dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes mellitus. Khasiat daun kelor untuk kesehatan ginjal yaitu menurunkan kadar urea dan kreatini serta membantu meluruhkan bantu ginjal. Selain itu, kandungan anti oksidannya terbukti mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut dengan menstabilkan tekanan darah tinggi dan mencegah infeksi bakteri dalam saluran kencing.

Daun kelor dapat langsung di konsumsi sebagai sayur atau diminum ekstrak kelor dalam kapsul.

Kapsul daun kelor bisa di dapatkan disini.

Daun Pegagan (Centella Asiatica)

obat ginjal alami

Selain baik untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga mampu memperbaiki fungsi dari kerja ginjal. Daun pegagan mengandung zat aktif berupa asiaticoside, madecassoside, asiatic acid, serta madecassic acid yang terbukti memperbaiki fungsi ginjal.

Khasiat daun pegagan sebagai makanan ginjal sehat yaitu menurunkan tekanan darah tinggi serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam gula darah sehingga menurunkan beban kerja ginjal pada penderita diabetes maupun hipertensi.

Selain itu, daun pegagan dapat menurunkan serum kreatinin dan urea untuk mencegah kerusakan ginjal serta mencegah kenaikan berat badan.

Kalian bisa mengkonsumsi daun pegagan kering sebagai kapsul atau langsung di seduh dalam bentuk teh.

Kapsul daun pegagan bisa di dapatkan disini .

Probiotik

obat ginjal alami

Bakteri probiotik, selain baik untuk usus juga berpotensi untuk menjaga kesehatan ginjal. Lactobacillus dan Bifidobacterium dalam probiotik bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Fungsi tersebut ternyata bisa membantu menstabilkan gula darah puasa dan HbA1c pada penderita diabetes mellitus dan menurunkan kolesterol.

Seseorang dengan bakteri probiotik yang baik dalam tubuhnya, akan terhindar dari resiko penyebab sakit ginjal hingga 70% karena probiotik sendiri dapat membantu menurunkan kadar BUN dan urea dalam urin serta mencegah infeksi saluran kencing.

Probiotik banyak terdapat dalam makanan seperti yoghurt, yakult, dan sediaan probiotik.

Anggur (Vitis inifera)

obat ginjal alami

Rekomendasi makanan agar ginjal sehat selanjutnya adalah anggur. Tak hanya kaya akan vitamin C, anggur ternyata berperan penting menjadi buah untuk kesehatan ginjal. Karena buah ini kaya akan antioksidan seperti Stillbenoid, Flavonoids, Resveratrol, dan Anthocyanins yang terbukti dapat menjaga kesehatan ginjal.

Anggur jika dikonsumsi secara utuh terutama biji anggur, dapat membantu menurunkan gula darah & HbA1c serta menurunkan tekanan darah bagi penderita ginjal. Selain itu, biji anggur dapat mencegah kegemukan dan menurunkan kadar lemak tubuh. Dengan fungsi tersebut, anggur dapat mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

Kapsul ekstrak biji anggur bisa di dapatkan disini. 

Apa Pantangan Sakit Ginjal?

Setelah mengetahui makanan yang perlu Anda konsumsi untuk kesehatan ginjal, saatnya melihat apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Baca juga makanan yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Penderita penyakit ginjal tidak boleh terlalu sering makan makanan yang mengandung sodium dan fosfor. Karena ginjal kesulitan dalam menyaringnya dalam darah. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar pantangan pasien ginjal sebagai berikut

Sodium

Asupan sodium yang terlalu banyak dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti hipertensi, pergelangan kaki bengkak, dan sesak napas. Sehingga penderita penyakit ginjal harus membatasi jumlah konsumsinya. Jangan meminumnya lebih dari setengah sendok teh per hari.

Kalium

Penderita penyakit ginjal kesulitan dalam menyaring kalium yang terkandung dalam darah. Sehingga perlu pembatasan konsumsi kalium jika Anda mengalami gangguan pada ginjal. Contoh makanan tinggi kalium ini sendiri, antara lain: alpukat, melon dan kentang.

Fosfor

Kelebihan fosfor rentan terjadi pada penderita gagal ginjal. Kelebihan fosfor bisa berujung pada munculnya komplikasi penyakit jantung. Contoh makanan yang mengandung fosfor adalah keju, makanan cepat saji dan berbagai daging serta kacang.

Menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang perlu Anda lakukan sejak dini. Pembatasan pola makan untuk pasien ginjal bisa berbeda-beda. Lebih baik konsultasi dengan dokter tentang makanan agar ginjal sehat dan apa saja pantangan pasien ginjal secara lebih mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.