7 Gejala Batu Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Ada banyak gejala yang menandakan adanya batu ginjal di dalam saluran dan sistem ginjal. Namun, banyak orang yang sering meremehkan dan bahkan tidak menyadari gejala batu ginjal tersebut. Padahal, resikonya bisa semakin parah jika mengabaikan berbagai gejala tersebut.

Di sinilah pentingnya mengenali gejala umum penyakit batu ginjal sedini mungkin. Sehingga kita bisa melakukan pencegahan dan pengobatan sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

Gejala Batu Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Banyak orang yang tidak menyadari adanya beberapa gejala batu ginjal yang ia alami. Padahal, mengenali beberapa gejala tersebut sangatlah mudah, di antaranya:

1. Nyeri pada Bagian Pinggang, Punggung dan Nyeri Perut

Gejala penyakit batu ginjal yang pertama adalah munculnya rasa nyeri pada tubuh, terutama pada bagian punggung, pinggang, dan perut. Area ini merupakan area sekitar ginjal. Sehingga pasti akan langsung terpengaruh jika ada batu ginjal pada organ ginjal.

Jika ada batu ginjal yang berada di serat-serat sistem ginjal, maka batu ginjal ini akan memicu rasa nyeri pada bagian pinggang, punggung, dan perut. Rasa nyeri ini tidak hanya terjadi pada saat buang air kecil saja. Namun, bisa muncul secara tiba-tiba sampai batu ginjal keluar melalui saluran kecil.

Jika batu ginjal yang terbentuk hanya satu, rasa nyerinya akan berjalan singkat. Namun, rasa nyeri akan menjadi semakin parah seiring dengan bertambahnya jumlah batu ginjal. Hal ini pasti akan sangat menyakitkan dan mengganggu para penderitanya.

Untuk itu, Anda perlu waspada ketika sering mengalami nyeri pada bagian pinggang, punggung, dan perut. Apalagi jika gangguan tersebut terjadi dalam waktu cukup lama.

2. Kencing Terasa Sakit dan Panas

Ginjal merupakan organ yang secara langsung bertanggung jawab pada proses buang air kecil. Karena itu gejala batu ginjal bisa Anda lihat secara langsung pada perubahan urine. Jika terasa sakit dan panas pada saat buang air kecil, hal ini merupakan salah satu tanda adanya masalah ginjal.

Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit batu ginjal. Rasa sakit dan panas saat buang air kecil tersebut berasal dari adanya infeksi dalam saluran urine di dalam ginjal. Infeksi ini berasal dari adanya batu ginjal yang melukai bagian dalam saluran.

Baca juga, 4 jenis batu ginjal dan penyebabnya 

3. Kencing Terasa Tidak Lampias

Adanya batu ginjal di saluran buang air kecil akan menyumbat saluran ketika seseorang sedang buang air kecil. Akhirnya aliran urine menjadi tidak lancar dan terputus-putus. Hal inilah yang membuat seseorang dengan penyakit batu ginjal akan buang air kecil secara tidak tuntas.

Jika sering merasa buang air kecil, namun sampai di kamar mandi malah tidak bisa buang air, maka Anda perlu waspada. Atau mungkin volume air kecil cuma sedikit dan hampir tidak keluar sama sekali, tapi terasa ingin kencing. Maka hal ini bisa menjadi salah satu gejala penyakit batu ginjal.

4. Sering Kencing

Gejala batu ginjal yang selanjutnya adalah sering buang air kecil. Gejala ini masih berhubungan dengan gejala yang sebelumnya. Buang air kecil menjadi tidak tuntas, karena saluran tidak bisa mengeluarkan urine secara sekaligus.

Akhirnya urine keluar sedikit demi sedikit dan membuat seseorang dengan gejala ini sering merasa ingin buang air kecil. Namun, volume urine yang keluar hanya sedikit. Karena jalan saluran urine pada ginjal terhambat. Karena itu, ginjal tidak bisa mengeluarkan urine sekaligus.

5. Kencing Keruh dan Berbusa

Urine yang keluar dari dalam tubuh harusnya berwarna jernih, kekuningan, atau oranye sesuai makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, harusnya air kencing tidak berbau terlalu menyengat dan tidak berbusa.

Jadi, jika urine yang keluar cenderung keruh dan berbusa, maka Anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi, hal itu merupakan pertanda terjadinya infeksi batu ginjal. Apalagi jika urine menjadi keruh, berbusa, dan berbau menyengat.

Urine bisa seperti itu karena penyaringan di dalam ginjal tidak berjalan dengan sempurna. Jadi, masih ada sisa protein dan zat lainnya yang terkandung dalam urine.

6. Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa menjadi salah satu indikasi batu ginjal. Hal ini karena adanya tekanan dari batu ginjal ke dinding saluran.

Jika tubuh merasa mual dan muntah, padahal kondisi lambung dan pencernaan baik-baik saja, maka

Anda juga perlu waspada. Karena hal ini bisa menjadi salah satu gejala batu ginjal.

Baca juga, 10 makanan yang dapat merusak ginjal 

7. Demam

Gejala terakhir dari batu ginjal adalah adanya demam dan suhu tubuh yang meningkat. Jika gejala ini sudah muncul bersamaan dengan gejala lainnya di atas, itu tandanya sudah terjadi infeksi di dalam ginjal oleh batu ginjal.

Demam dan suhu tubuh yang meningkat adalah respon alami tubuh untuk menghadapi infeksi tersebut. Jadi, segera periksa ke dokter untuk mengetahui lebih jelas mengenai kesehatan ginjal Anda.

Itulah 7 gejala batu ginjal yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahuinya lebih awal, Anda bisa mengatasinya lebih awal juga. Sehingga efeknya juga tidak terlalu parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.