5 Cara Menyusun Menu Makanan Diet Sakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan penyakit serius yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal, sehingga tidak mampu mengekskresi cairan yang masuk. Tapi beberapa makanan diet untuk penyakit ginjal berikut tetap dapat Anda konsumsi secara aman.

Makanan Diet Sakit Ginjal

Ginjal berbentuk seperti kacang yang berada di area punggung bawah. Ketika terdapat gangguan pada ginjal, Anda dapat mengalami komplikasi penyakit. Mulai dari penumpukan limbah dan racun, gangguan elektrolit, hingga anemia. Tentu sangat penting menjaga kesehatan ginjal sejak dini.

Penderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan. Beberapa kandungan bahan makanan tidak boleh Anda konsumsi secara berlebihan untuk menurunkan resiko penyakit ginjal. Konsumsi apa biar ginjal sehat? Berikut rekomendasi makanan untuk penderita penyakit ginjal.

Makanan Rendah Garam, Sodium, dan Natrium

Menjaga tekanan darah pada penderita ginjal sangatlah penting. Para dokter menyarankan untuk membatasi asupan natrium maksimal sekitar 2300 mg setiap harinya. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung natrium di atas 20%. Kandungan sodium dan natrium hanya boleh 5% tiap sajiannya.

Pada makanan kemasan Anda dapat mengecek pada tabel gizi yang ada di belakang kemasan. Namun, alangkah baiknya menghindari konsumsi makanan instan, kentang goreng, pizza dan ayam goreng. Karena makanan tersebut biasanya mengandung banyak garam.

Anda dapat memasak makanan sendiri di rumah atau gunakan garam pengganti yang rendah natrium. Anda bisa menemukannya dengan mudah di apotek. Atau Anda dapat mengurangi asupan garam dan mengganti ke makanan yang pengolahannya dengan cara merebusnya.

Baca juga, 8 Makanan yang dapat memperbaiki fungsi ginjal 

Batasi Konsumsi Protein

Protein yang biasa menjadi bahan konsumsi adalah protein hewani dan protein nabati. Protein hewani dapat Anda temukan pada daging-dagingan. Sedangkan protein nabati dapat Anda temukan pada produk olahan kedelai seperti tempe dan tahu.

Sebaiknya konsumsi makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal. Karena limbah protein akan meningkatkan kinerja ginjal. Dokter menyarankan untuk membatasi asupan protein sekitar 1,3g/ kg setiap hari. Jika pernah mengalami cuci darah/ dialisis, sebaiknya konsumsi protein sekitar 1,5g/ kg tiap harinya.

Makanan yang Menyehatkan Jantung

Kesehatan jantung juga berpengaruh pada penderita penyakit ginjal. Anda wajib menjaga kesehatan jantung untuk memperlancar darah dan tidak ada sumbatan lemak pada pembuluh darah.

Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran berwarna, makanan berantioksidan tinggi, daging dan unggas tanpa kulit. Atau konsumsi ikan dan makanan rendah lemak trans (lemak jenuh) dengan cara melihat keterangan trans fat pada kemasan.

Utamakan juga untuk memasak makanan dengan cara merebus dan memanggangnya. Hindari pengolahan makanan berminyak dengan cara digoreng. Gantilah minyak goreng biasa dengan minyak kelapa, mentega, minyak zaitun, atau minyak jagung. Batasi alkohol, karena dapat merusak kinerja ginjal.

Pilih Makanan Rendah Fosfor

Penting untuk para penderita ginjal melindungi tulang dan pembuluh darah. Orang dengan gangguan ginjal tidak bisa menyaring fosfor dengan baik. Sehingga menimbulkan tumpukan fosfor dalam pembuluh darah. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui dan menjaga kandungan fosfor dalam makanan.

Terlalu banyak kandungan fosfor dalam darah dapat mengikat kalsium. Hal ini dapat mengakibatkan penderita ginjal terkena kerapuhan tulang dan osteoporosis. Sebaliknya, fosfor yang tinggi dapat mengakibatkan nyeri sendi, gatal kulit, dan kelelahan.

Anda bisa mengecek kandungan fosfor pada tabel gizi yang ada dalam kemasannya. Makanan tinggi fosfor, seperti daging merah, produk susu, kacang, dan soda berwarna gelap. Sedangkan untuk makanan rendah fosfor, contohnya adalah buah dan sayuran segar, pasta, jagung, serta sereal beras.

Baca juga 15 gejala awal sakit ginjal yang tidak disadari 

Pilih Makanan Rendah Kalium atau Potasium

Penderita ginjal harus menjaga kesehatan saraf dan otot agar bekerja dengan benar. Karena seseorang dengan kerusakan ginjal yang parah tidak mampu mengekskresi kalium dengan baik. Sehingga dapat terjadi penumpukan kalium dalam darah.

Hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan pada saraf, otot, hingga jantung. Bahan makanan tinggi kalium ini sendiri contohnya adalah jeruk, pisang, kentang, tomat, beras merah, kacang-kacangan. Buah apa yang bagus untuk ginjal? Buah apel cocok untuk penderita ginjal karena rendah kalium.

Bahan makanan lain yang rendah kalium adalah wortel, roti tawar putih, nasi putih, anggur, dan cranberry yang aman untuk penderita ginjal. Beberapa obat-obatan mengandung kalium tinggi, sehingga perlu konsultasi medis dengan dokter.

Anda juga dapat mengurangi kandungan kalium dengan metode memasak yang tepat. Seperti pada kentang dan ubi jalar yang tinggi kalium. Untuk mengurangi kandungan kaliumnya, Anda dapat memotongnya terlebih dahulu dan merendamnya di air selama minimal 4 jam atau semalaman.

Beberapa jenis makanan diet untuk penyakit ginjal di atas dapat Anda terapkan di rumah untuk mengurangi resiko penyakit ginjal. Saran di atas adalah saran dari dokter yang metodenya cocok untuk penderita ginjal dari berbagai usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.