15 Jenis Makanan yang Harus dihindari Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat menghambat kinerja ginjal dalam mencerna makanan yang masuk. Makanan yang harus dihindari saat sakit ginjal berikut sebaiknya Anda batasi asupannya jika memiliki faktor resiko tinggi penyakit ginjal.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Ginjal

Makananan penyebab sakit ginjal dapat mengganggu dan merusak ginjal. Kandungan zat yang harus Anda hindari seperti gula, fosfor, potassium, kalium, natrium, dan sodium. Berikut daftar bahan makanan yang harus Anda hindari ketika memiliki penyakit ginjal.

Soda Berwarna Gelap

Minuman bersoda berwarna coklat, hitam, dan berwarna gelap memiliki kandungan fosfor dan gula yang tinggi. Fosfor yang menumpuk dalam darah akan menyebabkan kerusakan tulang dan ginjal.

Buah Alpukat

Buah ini tinggi akan kandungan potasium atau kalium. Dalam satu buah alpukat, terkandung 690 mg kalium. Dengan kandungan yang cukup tinggi ini, para penderita ginjal sebaiknya mengurangi konsumsi alpukat

Buah Pisang

Buah pisang kaya akan serat dan nutrisi, namun memiliki kandungan kalium yang tinggi. Satu buah pisang mengandung 420 mg kalium. Sebagai pengganti buah pisang, Anda dapat mengonsumsi nanas yang memiliki kadar kalium lebih rendah. Sehingga penderita ginjal bisa memakannya dengan aman.

Baca Juga, makanan yang baik untuk ginjal 

Buah Jeruk

Buah jeruk memang kaya akan vitamin C dan serat, namun buah oranye ini memiliki kandungan potasium atau kalium yang tinggi. Dalam satu buah jeruk terkandung 333 mg kalium yang tinggi dan tidak aman bagi penderita ginjal

Makanan Kaleng

Makanan kaleng tinggi akan zat pengawet seperti natrium dan sodium. Kandungan yang tinggi ini dapat memperberat kinerja ginjal dalam penyaringan urin. Jika terpaksa mengonsumsi makanan kaleng, sebaiknya Anda pastikan untuk membilas dan mencucinya terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Roti Gandum Utuh

Roti gandum cocok untuk orang yang menjalankan diet karena kandungan gula yang rendah. Namun tidak cocok untuk orang dengan sakit ginjal, karena memiliki kandungan kalium dan fosfor yang tinggi. Tiap dua lembar roti gandum mengandung 69 mg kalium dan 57 mg fosfor.

Sebagai pengganti, Anda dapat mengonsumsi roti tawar. Karena hanya mengandung sekitar 28 mg fosfor dan rendah akan kalium.

Nasi Merah

Nasi merah sangat menyehatkan untuk orang yang ginjalnya sehat. Namun, dengan kadar kalium dan fosfornya yang tinggi, beras merah kurang baik bagi penderita ginjal.

Dalam secangkir nasi merah terkandung 154 mg kalium dan 150 mg fosfor. Sedangkan dalam nasi putih hanya terkandung 54 mg kalium dan 69 mg fosfor.

Susu dan Olahannya

Makanan yang harus dihindari penyakit ginjal selanjutnya adalah susu dan produk olahannya seperti keju, yoghurt, mayonaise, atau es krim. Bahan ini memiliki kadar protein, kalium, dan fosfor tinggi yang harus harus penderita ginjal batasi.

Daging Olahan

Daging olahan seperti, sosis, bacon, ham, hotdog, dan hamburger kaya akan kandungan natrium yang berbahaya bagi ginjal. Sebaiknya konsumsi daging yang Anda olah sendiri di rumah daripada membeli daging olahan pabrik. Daging olahan adalah makanan yang harus dihindari untuk penderita ginjal.

Baca juga, 10 makanan yang dapat merusak ginjal

Acar

Dari namanya saja, Anda tahu bahwa acar adalah salah satu jenis metode pengawetan makanan dengan cara merendamnya dengan air garam. Sehingga membuat asinan dan acar ini kaya akan natrium dan sodium yang kurang baik bagi ginjal bermasalah.

Umbi-Umbian

Umbi-umbian seperti ubi jalar, ubi ungu, singkong, dan kentang kaya akan kalium. Kentang mengandung 600-700 mg dalam satu buahnya. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merendam umbi-umbian pada air semalaman. Cara ini berguna untuk mengurangi kandungan kalium sebelum mengolahnya.

Tomat

Buah tomat dan segala jenis olahan tomat seperti saus tomat kaya akan potasium. Dalam satu cangkir saos tomat terkandung 900mg potasium. Anda dapat mengganti saos tomat dengan saus cabai atau saus sambal untuk menjaga asupan kalium.

Makanan Kemasan

Makanan kemasan dan mie instan memiliki kandungan natrium dan potasium yang tinggi. Makanan kemasan juga menggunakan bahan-bahan pengawet yang rawan bagi penderita ginjal. Anda dapat mengecek kandungan tersebut di belakang kemasan.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan brokoli memiliki kandungan kalium yang tinggi. Rata-rata di dalamnya terdapat 140-250 mg potasium. Sayuran ini juga tinggi akan oksalat. Sedangkan orang-orang dengan gangguan ginjal sensitif terhadap oksalat.

Kandungan oksalat yang berlebih akan meningkatkan resiko batu ginjal. Penumpukan batu ginjal dapat membahayakan ginjal. Jadi, sebaiknya hindari sayuran berwarna hijau tua tersebut.

Makanan Ringan

Makanan yang harus dihindari penderita ginjal terakhir adalah segala jenis camilan asin, seperti snack, kerupuk, dan keripik. Makanan ringan memiliki kandungan natrium dan kalium yang tinggi, sehingga kurang baik bagi para penderita penyakit ginjal.

Makanan yang harus dihindari saat sakit ginjal di atas bukan semata-mata tidak boleh Anda konsumsi. Sebenarnya tidak menjadi larangan, namun Anda perlu membatasi asupannya untuk menurunkan resiko penyakit ginjal. Sehingga ginjal Anda kembali berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.