15 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Tidak Disadari

Ada banyak gejala awal sakit ginjal yang bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada ginjal. Namun, banyak orang pula yang menyepelekan berbagai gejala ini. Bahkan, beberapa orang tidak memahami bahwa gejala tersebut berhubungan dengan kesehatan ginjal.

Padahal, dengan mengenali gejala awal dari penyakit dan gangguan ginjal ini, penderitanya bisa melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin.

Gejala Awal Sakit Ginjal

Berikut beberapa gejala awal penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai agar efeknya tidak semakin parah dan sukar sembuh.

1. Kelelahan Sepanjang Hari

Ginjal memiliki fungsi untuk menghasilkan zat bernama eritropoetin. Hormon ini sangat penting sebagai rangsangan pembentukan sel darah merah. Ginjal yang rusak pastinya tidak bisa memproduksi hormon ini secara optimal.

Akibatnya, produksi sel darah merah akan berkurang. Asupan nutrisi dan oksigen juga ikut berkurang. Tubuh pun sering merasa lelah dan mengalami anemia.

2. Kedinginan

Gejala sakit ginjal berikutnya masih berhubungan dengan gejala sebelumnya. Tubuh sebenarnya memiliki fungsi termoregulator, di mana suhu tubuh bisa menyesuaikan diri agar tetap hangat.

Namun, dengan produksi sel darah merah yang berkurang karena rusaknya ginjal, maka fungsi termoregulator ini tidak akan bisa berjalan maksimal. Jadi, tubuh seringkali merasa dingin.

3. Sesak Nafas

Ada dua penyebab seseorang yang menderita gangguan ginjal bisa merasa sesak nafas. Pertama, adalah gejala dari anemia, dan yang kedua karena adanya edema paru-paru.

Edema paru-paru terjadi karena terjadi penumpukan cairan pada tubuh. Cairan ini berasal dari filtrasi limbah pada ginjal yang tidak sempurna.

4. Sulit Berfikir/ Sering Lupa

Gejala awal sakit ginjal berikutnya adalah sering merasa pusing dan sulit berfikir. Hal ini masih terpengaruh oleh menurunnya produksi sel darah merah karena rusaknya ginjal.

Menurunnya sel darah merah secara langsung mempengaruhi pasokan oksigen dan nutrisi pada otak. Hal ini otomatis membuat kepala terasa pusing dan sulit untuk fokus apalagi berpikir. 5. Gatal

Seperti pembahasan sebelumnya, ginjal yang tidak bisa bekerja dengan sempurna akan menyisakan limbah dan cairan di dalam tubuh. Seiring waktu akan terjadi penumpukan pada organ limbah. Karena itu, tubuh akan merespon keberadaan limbah tersebut dengan rasa gatal di permukaan kulit.

Baca juga 10 kebiasaan yang dapat merusak ginjal 

6. Bengkak pada Kaki Tangan

Penumpukan cairan limbah yang terjadi dalam waktu yang lama akan menjadi terakumulasi. Akhirnya akan berkumpul di bagian tangan dan kaki.

7. Bengkak pada Wajah dan Kelopak Mata

Penumpukan cairan limbah dari ginjal tidak hanya akan berkumpul di area tangan kaki saja. Namun juga bisa berkumpul di area wajah. Khususnya pada bagian kelopak mata yang bisa membentuk kantung.

8. Lidah Terasa Logam

Sisa limbah dan zat-zat tidak berguna pada ginjal lambat laun akan memengaruhi syaraf-syaraf pada tubuh. Salah satunya adalah indera pengecapan. Sehingga makanan menjadi terasa seperti logam di lidah, padahal tentu saja Anda tidak memakan logam.

9. Nafas Bau Busuk

Selain itu, karena adanya penumpukan limbah atau uremia di dalam tubuh, maka hal ini bisa menyebabkan mulut menjadi semakin bau. Bahkan, baunya bisa seperti amonia dan sangat mengganggu.

10. Mual Muntah

Mual dan muntah bisa menjadi salah satu gejala yang muncul karena penyakit ginjal. Hal ini karena adanya tekanan pada bagian ginjal yang memicu rasa mual dan perasaan ingin muntah.

Baca juga 4 jenis batu ginjal dan penyebabnya

11. Sering Pipis

Karena ginjal tidak bisa bekerja secara maksimal, penyaringan cairan menjadi terhambat. Akhirnya, volume buang air kecil pun berkurang namun frekuensinya menjadi lebih sering. Hal ini membuat seseorang dengan gejala penyakit ginjal akan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Apalagi, jika mengalami batu ginjal juga. Maka setiap buang air kecil akan terasa nyeri dan sakit yang sangat mengganggu.

12. Urine Berbusa

Ginjal seharusnya dapat menyaring protein dan zat-zat tertentu dari urine. Namun, kesehatan ginjal yang terganggu, akhirnya tidak mampu melakukan filtrasi. Protein dan zat sisa lain masih terdapat pada urine dan menjadikannya berbuih atau berbusa.

13. Urine Kemerahan

Cairan yang ginjal saring adalah darah yang mengangkut zat-zat sisa. Darah akan tersaring sampai benar-benar bersih dan jernih. Namun, karena adanya gangguan organ ginjal membuat darah ikut terbuang dan tidak dapat tersaring secara maksimal.

Hal inilah yang membuat urine memiliki warna merah atau keunguan. Karena ada kandungan darah di dalamnya.

14. Otot Sendi Kram

Gejala awal sakit ginjal berikutnya adalah otot dan sendi yang terasa nyeri dan kram. Ginjal juga memiliki fungsi untuk menyeimbangkan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Rusaknya ginjal membuat air dan elektrolit ini tidak seimbang. Sehingga menyebabkan otot dan sendi sering kram dan terasa nyeri.

15. Tekanan Darah Tinggi

Karena penyaringan darah yang tidak optimal pada ginjal, akhirnya terjadi peningkatan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi pada tubuh penderita gangguan ginjal.

Itulah gejala awal sakit ginjal yang perlu Anda waspadai. Dengan memahami gejala-gejala awal yang muncul tersebut, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan ginjal. Anda pun bisa melakukan pencegahan dan pengobatan sejak dini sebelum penyakitnya menjadi semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.