10 Makanan yang Dapat Merusak Ginjal

makanan merusak ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi ekskresi. Artinya, organ ini berperan penting dalam pembuangan dan penyaringan zat sisa-sisa di dalam tubuh. Namun masih banyak orang mengonsumsi makanan yang dapat merusak ginjal.

Padahal jika mengonsumsi makanan-makanan ini secara berlebihan dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit ginjal. Mulai dari batu ginjal, gagal ginjal, sampai kerusakan ginjal yang cukup akut.

Daftar Makanan yang Dapat Merusak Ginjal

 

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa makanan mereka konsumsi ternyata berpotensi merusak ginjal. Karena itu, masyarakat harus mendapatkan informasi ini secara luas. Berikut adalah makanan yang jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat merusak kesehatan ginjal.

Makanan Tinggi Natrium dan Garam

Makanan merusak ginjal yang pertama adalah makanan yang tinggi natrium dan garam. Makanan dengan kandungan natrium dan garam yang tinggi tidak baik untuk keseimbangan kinerja ginjal. Perlu Anda ingat, makanan asupan tinggi garam tidak selalu makanan dengan rasa asin.

Nyatanya, banyak makanan kemasan yang tinggi natrium. Mengonsumsi garam dan natrium berlebihan akan membuat kadar elektrolit tubuh menjadi tidak seimbang.

Makanan yang Tinggi Protein

Protein memang merupakan salah satu zat penting oleh tubuh. Namun, jika mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini karena protein akan menghasilkan zat seperti urea, kreatinin, asam urat, dan fosfor.

Zat-zat ini adalah penunjang terbesar terbentuknya batu ginjal. Tanpa Ana sadari, zat ini dapat merusak ginjal dengan cepat. Sebagai saran, konsumsi protein per hari adalah 0.8 gram. Angka ini untuk per kg berat badan per harinya.

Makanan yang Tinggi Kandungan Gula

Gula atau kandungan glukosa merupakan zat yang paling memberatkan kinerja ginjal. Hal ini karena zat ini termasuk yang sulit untuk dipecah maupun dilarutkan. Karena itu, kandungan gula atau glukosa yang terlalu tinggi pada tubuh otomatis akan membuat kinerja ginjal semakin berat dan sulit.

Jika sudah parah, ginjal akan menghasilkan urine yang mengandung glukosa atau diabetik nerofati.

Baca juga, Makanan yang dapat membantu memperbaiki ginjal 

Makanan yang Tinggi Oksalat

Makanan yang dapat merusak ginjal selanjutnya adalah makanan yang tinggi dengan kandungan oksalat. Oksalat adalah zat utama pembentuk batu ginjal. Zat sisa ini dapat mengendap di ginjal dalam waktu yang lama.

Kemudian, seiring berjalannya waktu akan membentuk batu ginjal. Makanan yang tinggi oksalat seperti kacang-kacangan, sayuran yang berwarna hijau dan sebagainya. Sebenarnya, makanan-makanan        tersebut            masih   termasuk          makanan          sehat.   Tapi jangan  berlebihan mengonsumsinya.

Makanan yang Tinggi Fosfor

Fosfor juga menjadi salah satu zat pembentuk batu ginjal. Tubuh punya batas tertentu untuk menyerap zat yang satu ini. Jadi, jika mengonsumsinya berlebihan, maka tubuh tidak bisa menyerap sisa fosfor dan akhirnya mengendap di ginjal.

Fosfor ini banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein hewani, seperti susu, keju, dan sebagainya. Kandungan ini juga bisa Anda temukan pada minuman bersoda yang berwarna hitam.

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin

Vitamin memang merupakan zat yang sangat baik bagi tubuh. Namun, konsumsi kandungan vitamin yang berlebihan akan mengakibatkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah gangguan ginjal.

Tubuh memiliki batas untuk menyerap vitamin. Jadi, vitamin yang tidak bisa terserap oleh tubuh akan keluar melalui ginjal. Jika kandungannya berlebihan, vitamin bisa mengendap pada ginjal.

Anabolic Steroid

Makanan yang dapat merusak ginjal selanjutnya adalah obat-obatan yang bersifat anabolic steroid. Jenis obat ini banyak atlet dan binaragawan gunakan untuk meningkatkan kondisi tubuh mereka.

Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan laju penyaringan ginjal menjadi semakin cepat. Selain itu, zat-zat protein dalam tubuh juga akan meningkat dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Baca juga, makanan penyebab batu ginjal 

Makanan Mengandung Kafein dan Taurine

Makanan yang merusak ginjal selanjutnya adalah yang mengandung kafein dan taurine. Kafein sendiri sebenarnya bukan zat yang terlalu membahayakan sistem yang ada di ginjal. Namun, kandungan ini menjadi berbahaya jika Anda mengonsumsinya bersamaan dengan tourine.

Dua kandungan itu sendiri biasanya terdapat pada berbagai minuman berenergi. Karena itulah, sebaiknya kurangi minum minuman berenergi.

Obat Nephrotoxic

Obat tipe nephrotoxic adalah jenis obat yang menghasilkan zat sisa yang tidak bisa terserap oleh tubuh. Akibatnya, zat sisanya harus dibuang melalui ginjal. Tentu saja, hal ini akan menyebabkan kinerja ginjal semakin sulit.

Karena itu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu, apalagi dalam jangka waktu panjang, pastikan apakah obat tersebut bersifat nephrotoxic atau tidak.

Ramuan Tanpa Takaran yang Jelas

Banyak ramuan herbal yang ada di pasaran dengan klaim baik untuk tubuh. Mengonsumsi ramuan herbal memang bukan suatu hal yang buruk. Namun, mengonsumsinya tanpa takaran yang jelas akan meningkatkan   resiko   kerusakan        ginjal.   Karena itu,       harus    hati-hati       dan       tepat dalam mengonsumsinya.

Ada banyak makanan yang dapat merusak ginjal yang perlu Anda waspadai. Jangan sampai mengonsumsi makanan-makanan yang tidak baik untuk ginjal secara berlebihan dalam jangka waktu lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.