10 Kebiasaan Merusak Ginjal, Penyebab Gagal Ginjal ! Sering sering tidak disadari

kebiasaan merusak ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi ekskresi. Artinya, organ ini berperan penting dalam pembuangan dan penyaringan zat sisa di dalam tubuh. Namun, masih banyak orang yang tanpa sadar melakukan kebiasaan merusak ginjal.

kebiasaan merusak ginjal

Padahal, tanpa ginjal yang berfungsi dengan baik dan normal, akan terjadi banyak gangguan pada Kesehatan tubuh.

10 Kebiasaan Merusak Ginjal

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukannya merupakan kebiasaan merusak ginjal. Berikut adalah kebiasaan merusak ginjal yang harus perlu Anda hindari.

Terlalu Sering Minum Minuman Berenergi

Banyak orang yang mengandalkan konsumsi minuman berenergi agar semakin semangat dalam beraktivitas. Walaupun bisa membuat tubuh lebih berenergi, namun kebiasaan ini memiliki efek buruk pada tubuh. Khususnya terhadap organ ginjal. Kandungan taurin dan caffein dalam minuman berenergi dapat memperberat kinerja ginjal sehingga jika di konsumsi berlebihan terbukti dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Walaupun begitu, minuman berenergi bukanlah sesuatu yang dilarang. Namun, akan lebih baik jika Anda membatasi konsumsinya. Cukup 1-2 kali saja selama satu minggu.

Asupan Tinggi Gula

Gula atau kandungan glukosa merupakan zat yang paling memberatkan kinerja ginjal. Gula yang berlebihan dalam tubuh tidak sanggup diserap kembali sehingga harus di keluarkan melalui ginjal. Jika berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi menyaring gula tersebut, maka akan meningkatkan beban kerja ginjal dan menyebabkan diabetes nephropaty. Karena itu untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu membatasi kandungan gula atau glukosa yang terlalu tinggi pada tubuh.

Glukosa di sini bukan hanya pada makanan manis saja. Namun, glukosa dalam minum-minuman manis dan berkarbonasi.

Baca juga, makanan untuk memperbaiki kerusakan ginjal 

Asupan Tinggi Garam

Selain makanan yang tinggi gula, makanan dengan kadar garam tinggi juga tidak baik untuk tubuh. Konsumsi garam dan kandungan natrium yang berlebihan berpengaruh buruk bagi kesehatan ginjal.

Perlu Anda ingat juga, makanan asupan tinggi garam tidak selalu makanan dengan rasa asin. Nyatanya, banyak makanan kemasan yang mengandung tinggi natrium, terutama pada bagian pengawetnya. Jadi, Anda juga perlu membatasi konsumsinya.

Ginjal memiliki fungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Mengonsumsi garam dan natrium berlebihan akan meningkatkan penyerapan cairan dalam sel sehingga membuat kadar elektrolit tubuh menjadi tidak seimbang.

Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan yang merusak ginjal berikutnya adalah duduk terlalu lama. Banyak orang memiliki pekerjaan yang mengharuskannya duduk dalam waktu terlalu lama. Bahkan, tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu 7-10 jam untuk duduk dan bekerja. Kebiasaan ini tentu kurang baik bagi ginjal.

Posisi duduk, apalagi dalam waktu yang lama dapat menurunkan aktivitas metabolisme glukosa dalam tubuh. Posisi ini juga terlalu menekan ginjal, sehingga menyebabkan kinerjanya kurang sempurna.

Karena itu, kebiasaan duduk dalam waktu lama ini harus juga Anda barengi dengan kebiasaan berolahraga secara rutin. Setidaknya 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit.

Mengonsumsi Obat Penghilang Nyeri

Terlalu sering mengonsumsi obat penghilang nyeri juga termasuk kebiasaan merusak ginjal. Banyak orang yang terlalu mengandalkan obat ini ketika mengalami sakit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Obat golongan NSAID termasuk obat nephrotoxic yang jika dikonsumsi berkepanjangan dapat merusak ginjal.

Ini disebabkan zat sisa ataupun zat kimia dalam obat tersebut tidak mampu diserap tubuh sehingga harus di keluarkan melalui ginjal, jika terus menerus tentu saja dapat memberatkan kinerja ginjal.

Kurang Minum Air Putih

Fungsi ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu fungsi ginjal satu ini.

Sebaliknya, jika konsumsi air putih rendah dan tidak mencukupi kebutuhan harian, tentu akan membuat kinerja ginjal semakin berat. Setidaknya minum air putih sebanyak 2 liter air per hari.

Melakukan Diet Tinggi Protein

Banyak orang yang melakukan program diet tinggi protein tanpa tidak sadar jika hal itu juga dapat merusak ginjal dengan cepat. Konsumsi protein secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit asidosis dan berbahaya untuk ginjal.

Kebutuhan konsumsi protein per hari sekitar 0.8 gram. Angka ini untuk per kg berat badan per harinya. Sehingga jika Anda memangkasnya secara berlebihan, tentu akan menghambat fungsi dan kesehatan ginjal.

Minum Minuman Beralkohol

Minuman minuman dengan kandungan alkohol sudah jelas tidak baik bagi tubuh, khususnya untuk ginjal. Kandungan alkohol tinggi menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, karena tubuh kesulitan menyerapnya. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat merusak pH dalam tubuh.

Kebiasaan Menahan Kencing

Setelah menyaring darah menjadi urine, urine akan disimpan sementara pada kantung kemih. Urine mengandung zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan tubuh dan malah cenderung berbahaya.

Menahan kencing berarti menahan zat-zat tersebut lebih lama dalam tubuh. Sehingga dapat memicu terjadinya infeksi pada kandung kemih dan ginjal.

Kurang Tidur dan Sering Begadang

Ginjal sebenarnya bekerja sesuai dengan sistem sirkadian dalam tubuh. Karena itu, pola tidur dan jam tidur sangat berpengaruh pada kesehatan ginjal. Kebiasaan kurang tidur dan sering begadang otomatis akan mengganggu kinerja ginjal.

Ada banyak kebiasaan merusak ginjal yang perlu Anda waspadai. Jika Anda masih sering melakukannya saat ini, coba kurangi secara perlahan dan hentikan melakukannya. Mungkin, efeknya sekarang masih belum terasa, tapi kebiasaan buruk di atas berpengaruh buruk dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.